Kamis, 29 September 2011

Jakarta dari Busway bag 1: Oalah Mbah-mbah? sing sadar....

Barusan saiya iseng-iseng ikut mbaca blog seorang kenalan baru. ya namanya kenalan di dunia maya wis pokoke dibaca saja. siapa tau ada yang menarik, ternyata memang begitu. namanya blog sopasti fungsinya buat mbagi-mbagi informasi. begitu mas bro?

Nah.. sebenarnya tulisan ini sudah pernah naryo bagi-bagi di pesbuk. tapi tidak ada salahnya dibagi di blog juga kan? menyambung tulisan di blog punya mb Dheet-A (maaf kalo salah nulis) tentang masalh mode. pakaian terutama.  saiya juga punya penglaman yang cukup menarik. (heszzzt...) semoga berkenan.

Okelah chekidot...

Seperti pernah aku ceritakan kepadamu kawan. busway memang selalu punya cerita, yang tentu saja sayang untuk dilewatkan. setiap kali keliling jakarta. Ya mana lagi Tomang-pulo gadung. selalu ada cerita yang seru untuk diceritakan. hampir tiap minggu jalur 2 (pulo gadung-Tomang-grlogol-kalideres) menjadi jalur favourit. satu-satunya coy... murah meriah, adem dan ada-ada saja kelakuan orang-orang jakarta.

Hari ini sebenarnya naik buswaynya pas pulangnya saja. Soale pagi dimintai tolong boz, ngantar peralatan ke cikarang. asyik juga dari tomang sampai cikarang naik taksi. serasa nikmat.

Tapi baiklah.. kawan.. aku punya satu hutang kepadamu.. ya apa lagi... sabtu siang di Busway..

Aku baru saja naik dari halte Tomang mandala. soalnya paling deket dengan kost. setelah Lamaaaaa (hampir 45 menit nunggunya, namanya murah meriah) menunggu akhirnya Busway yang adem datang juga. Busway jurusan Harmoni Lebak bulus memang selalu adem. Ma'lum Punya swasta. fasilitasnya selalu -beberapa- tingkat dari punya'nya pemerintah. -ngapunten pa fauzi Bowo- bukan maksud saya....

begitu masuk langsung disiram atmosfer yang segar, adem... nyess... plus pemandangan yang segar juga. he he he...  (tuing... tuing... tuing...) seperti sudah aku ceritakn padamu. tipikal anak remaja korban mode. kusebut saja -boneka India-. Tidak banyak yg bisa dijelaskan di sini. takut banyak yang ngomel. tapi mudah-mudahan "BONEKA INDIA" sudah cukup mewakili penampilannya.

Sepintas menyenangkan, tapi Lama-lama risih juga... aku memilih merangsek ke dalam, memilih untuk tidak terlalu dekat dengan pemandangan yg mbikin busway jadi panas. saat beranjak bergeser ke barisan belakang aku sempat ngeliat senyum nakal salah satu laki-laki  -setengah- tua... ya kira2 lima puluh tahunan lebih... cengangas -cengenges.. satunya lagi -di sebelah kirinya- aki-aki juga sibuk memperhatikan -ngelirik-  si boneka india...  Lengkap sudah, dua aki-aki peot mengapit boneka india. Si boneka india tetap cuek, tidak memperhatikan.

Aku pun cuek saja.. Ah mungkin orang tuanya. sekarang banyak orang tua terlalu "care" kepada anak-anaknya. tidak boleh ketinggalan jaman. sekalipun jadi korban mode. yang penting gaul.

Tak dinyanya.. si boneka India tetep saja sibuk main BB... tak sadar. tetap kalem, asyik dengan dunia maya.  tidak puas mengeksploitasi secara visual... (susah nyari bahasa yang lebih sopan- maap ya..). Akhirnya si Aki-aki mulai tidak sabar... (sayangnya bodohnya saya masih nganggep mereka bapak atw kakeknya) mulai jalan-jalan tangannya... kemana-mana..

Akhirnya Si Boneka India sadar juga... begitu tau lagi dikerjain dua "Aki-aki"... langsung ngibrit... ngumpet di gerombolan penumpang yang laen.. sebagian penumpang kaget, sebagian yang lain hanya melirik sinis. tidak senang.

Aku hanya membatin dalam hati..

Oalah Mba-mba... mangkanya mba.. ati-ati jga diri... kalau "nyandang" mbok yao yang bener.. ya maap... beribu-ribu maap... kami para pria.. -yang aki-aki juga termasuk-  diciptakan untuk -cenderung- menyukai yang bagus-bagus. kalau pinjem istilahnya mb syukur yang nge-Blink-nge-bling... coba liat saja... ayat 31 surat Annur jauh lebih pendek dari ayat 32.. tapi ya monggo kalau nyamannya yang begitu...

Dan busway tetep berlalu... Aku memandang lepas ke jalanan... dua aki-aki itu masih saja cekikikan... tersenyum nakal...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar